No Time to Waste

Senin, 10 Mei 2010

Modul VI : Pencacah

Pencacah atau penghitung (counter) merupakan piranti yang penting fungsinya dalam suatu sistem rangkian digital. Suatu pencacah akan menghitung jumlah daur yang dilewati oleh pulsa clock pemicunya. Rangkaian ini tersusun dari beberapa buah FF JK yang terpicu pada pinggiran positif atau negatif, dengan fungsi-fungsi set dan clear-nya.
Pencacah 4 bit dususun dari 4 buah FF JK dengan keluaran dari setiap FF akan memicu FF yang ada di belakangnya (gambar 7.1). Suatu sinyal tegangan segi empat sebagai sinyal clock memicu FF A pada saat pinggiran negatif (belakang) pulsa itu tiba. Selanjutnya keluaran FF A akan memicu FF B, denagn keluaran FF Bmemicu FF C, yang pada akhirnya keluaran FF C akan memicu FF D. Dari gambar 7.1 tampak bahwa dua masukan J dan K pada masing-masing FF itu pada keadaan tinggi, sehingga keempat FF itu ada dalam keadaan "toggle", artinya keluaran tiap FF itu akan berpindah keadaan jika pinggiran negatif dari pulsa yang memicunya tiba. Output dari rangkaian pencacah 4 bit dapat disajikan dalam bentuk tabel sbb:

IC yang digunakan untuk menyusun rangkaian pencacah pada umumnya IC TTL tipe SN 7454, tipe SN 7474, IC TTL 7493 (pencacah 16) dan IC TTL 7490 (pencacah 10).

Nah berikut ini langkah2 praktikum untuk membuat sebuah rangkain pencacah menggunakan IC TTL 7490.
Alat-alat:
1. Digital Trainer Kit
2. IC TTL 7490
3. Kabel penghubung secukupnya
Skema perkabelan :
 Langkah-langkah pembuatan
1. hubungkan logic switch dengan kaki no 2,3,6 dan 7.
2. hubungkan kaki no 1 dengan kaki no 12
3. hubungkan kaki no 12 ke logic monitor A
4. hubungkan kaki no 11 ke logic monitor D
5. hubungkan kaki no 10 ke GND
6. hubungkan kaki no 9 ke logic monitor B
7. hubungkan kaki no 8 ke logic monitor C
8. hubungkan kaki no 5 ke VCC

0 komentar:

Posting Komentar