No Time to Waste

Selasa, 13 April 2010

Modul V : Flip-Flop

Jenis-jenis Flip-flop
1.RS Flip-flop (SET-RESET FLIP-FLOP)
merupakan rangkaian dasar untuk menyusun barbagai jenis flip-flop yang lainnya, dapat dibuat menggunakan gerbang NAND atau NOR, rangkain ini saling menyilang yaitu output dari gate pertama masuk sebagai input gate kedua dan output gate kedua masuk ke gate pertama.
 skema perkabelan:
  pake gerbang NAND



 pake gerbang NOR
 
2.Clocked SR Flip-flop
RS flip-flop dengan clock merupakan pengembangan dari RS flip-flop dengan menambahkan dua gerbang NAND pada RS flip-flop dari gerbang NAND dan gerbang AND pada RS flip-flop dari gerbang NOR yang bertujuan untuk memasukan pemicu yang disebut dengan sinyal clock untuk mengubah nilai yang ada.
skema perkabelan:
pake gerbang NAND

pake gerbang NOR
3. JK Flip-flop
JK flip-flop dibuat untuk mengatasi masalah pada SR flip-flop, yaitu ketika kedua input S dan R sama-sama bernilai "1", flip-flop tidak mampu merespons kondisi output berikutnya. Sebuah JK flip-flop dibutuk dari SR flip-flop dengan tambahan gerbang AND pada sisi input SR-nya.
Master slave jk flip flop merupakan flip flop yang dibuat dari dua buah flip flop SR,diman sebuah sebagai master dan sebuah sebagai slave, yang operasinya dilakukan secara bergantian.  
skema perkabelan :



4.D Flip-flop
Pada flip-flop D bid data D menggerakkan masukan S serta pelengkap not D menggerakkan masukan R. Karena itu, D tinggi men-set flip-flop serta D rendah me-risetnya. ia akan menset atau mereset sebegitu D menjadi tinggi atau rendah, oleh karena itu flip-flop seperti ini hampir tidak pernah digunakan orang.
skema perkabelan : coming soon

0 komentar:

Posting Komentar